Rabu, 12 Mei 2010

Laporan dari RAJ MBM

Mengakhiri kepengurusan Masjid Baitul Maal - Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tahun 1430 - 1431 H / 2009-2010, diadakan Rapat Akbar Jamaah (RAJ) pada hari Sabtu (8/5/2010) kemarin. Agenda utama acara tersebut adalah penyampaian LPJ pengurus MBM, tausiyah, dan pemilihan Ketua MBM yang baru.

Acara yang sedianya dimulai pukul 15.30 ba'da shalat Ashar molor hampir satu jam dan baru dimulai pada pukul 16.20. Setelah pembukaan oleh MC dan tilawah, acara dilanjutkan dengan pembacaan executive summary LPJ pengurus MBM oleh Ketua MBM demisioner, pak Wahyu Hermawan. Mengapa LPJ yang disampaikan hanya summary alias ringkasannya saja? Karena waktu yang terbatas dan LPJ yang ratusan lembar dari berbagai bidang yang tidak memungkinkan dibaca semua, tentu saja. Hla kalo dibaca semua dijamin yang baca capek, yang denger bubar, hehe... Pada kesempatan tersebut pak Wahyu memberikan gambaran kerja yang sudah dilakukan oleh MBM, rencana dan realisasinya, serta hambatan-hambatan yang dialami oleh MBM dan sekilas kerja masing-masing bidang. Dari paparan tersebut dapat diketahui antara lain sebagian besar rencana kerja MBM sudah terealisasi dengan berbagai warna-warninya, hambatan-hambatan yang ada antara lain : kurangnya koordinasi internal dan eksternal, serta belum tertibnya administrasi di MBM. Pada kesempatan itu juga pak Wahyu menyampaikan program-program yang selama ini menjadi unggulan masing-masing bidang misalnya Kajian Rutin dan Mabit untuk bidang Dakwah, penerbitan Infomaru, tabloid Insan Kamil untuk bidang Infomed, dan sebagainya.



Setelah penyampaian LPJ sedianya acara dilanjutkan dengan taushiyah oleh ustadz Abu Yasir Kamino dengan tema "Pemuda Pemudi,Ayo Cintai Masjid!". Tetapi ustadz yang saat itu sudah berada di MBM mendadak ditelepon untuk acara yang lain sehingga terpaksa tausiyah dari beliau dibatalkan. Hal ini tidak begitu masalah karena waktu sudah menunjukkan pukul 17.15, mungkin bila ada tausiyah justru terlalu mepet. Akhirnya acara dilanjutkan dengan pemilihan Ketua MBM yang baru, dipimpin oleh Sekjen MBM demisioner, pak Dani Sugiri.

Pemilihan Ketua di MBM menggunakan mekanisme tim formatur (dewan syuro'). Tim yang terbentuk inilah yang akan menentukan siapa Ketua MBM selanjutnya. Tim formatur yang terbentuk kemarin terdiri dari :
1. Ketua MBM demisioner, pak Wahyu Hermawan
2. Sekjen MBM demisioner, pak Dani Sugiri
3. Kepala Bidang Kaderisasi MBM demisioner, pak Dwi Hary Prasojo
4. Perwakilan tingkat 1, 2, 3, dan D IV (yang D IV pak Bastian Wiandany, yang lainnya saya lupa)
Tim formatur ini mengadakan syuro di ruang sekretariat MBM (sebelumnya diberi waktu 3 menit untuk menerima 'pesanan' dari jamaah, hehe...), sementara di ruang utama acara dilanjutkan dengan penganugerahan MBM Award kepada bidang-bidang dan individual jamaah MBM.

MBM Award kepada bidang-bidang di MBM diberikan sesuai 'prestasi' dan julukan masing-masing bidang, beberapa di antaranya yang saya ingat :
- Bidang Dakwah sebagai bidang tereksis
- Bidang Pendidikan sebagai bidang tercerdas
- Bidang Humas sebagai bidang terluyuran
- Bidang Keputrian sebagai bidang tersembunyi
- Setjen sebagai bidang tersok sibuk
- (lainnya lupa)
Selain kepada bidang-bidang di MBM, MBM Award juga diberikan kepada para jamaah secara individu atas prestasi mereka. Antara lain peraih IP tertinggi, anggota ma'had teraktif, sejenis itu lah... Acara berlangsung meriah dengan hadiah eksklusif yang diberikan (usut punya usut ternyata hadiahnya coklat dan wafer, hehehe...). Saat adzan magrib berkumandang penganugerahan MBM Award selesai sehingga tinggal menyisakan satu agenda lagi yaitu pengumuman Ketua MBM baru oleh tim formatur.

Bakda shalat magrib ketua tim formatur pak Dani Sugiri mengumumkan kepada jamaah ketua MBM yang baru untuk kepengurusan 1431-1432 H / 2010-2011 yang diamanatkan kepada pak Labib Mardiyanzah, mahasiswa D IV semester 7. semoga yang diberi amanat dapat menjalankan dengan sebaik-baiknya. Alhamdulillah dengan semikian selesai sudah rangkaian acara RAJ MBM 2010.Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar