Minggu, 30 Maret 2014

Pesawat Bisa Menghilang? Ini Caranya

Beberapa waktu belakangan ini dunia digemparkan dengan musibah hilangnya pesawat Malaysia Airlines flight MH 370. Keterangan resmi pemerintah Malaysia flight MH 370 sudah berakhir di Samudera Hindia dan diperkirakan tidak ada korban yang selamat baik penumpang maupun awak pesawat. Sampai sekarang pencarian puing pesawat dan kotak hitam masih berlanjut, juga berbagai spekulasi mengiringi mulai dari analisis para pakar maupun berbagai teori konspirasi a la Hollywood. Kita doakan yang terbaik bagi para korban dan keluarganya.

Yang menjadi pertanyaan banyak pihak adalah bagaimana kok bisa pesawat tersebut melenceng jauh dari jalur penerbangan aslinya, melewati radar militer tiga negara (Thailand, Malaysia, Indonesia)? Hal ini tentu ada yang lebih berkompeten untuk menjawabnya. Nah di sini saya mau sedikit memberi gambaran mengenai transponder pesawat, bagaimana pesawat bisa "menghilang". Jangan serius banget ya, karena hanya dari sudut pandang orang awam. Sumbernya pun ngawur banget ; dari film. hehehe

Mungkin ada yang pernah nonton film Perancis L'es Chevalier du Ciel a.k.a Sky Fighters? Di film tersebut ada adegan bagaimana pesawat (tempur) "menghilang" dan tidak terdeteksi radar. Nah jadi ceritanya, bukan menghilang dan tidak terlihat sama sekali. Akan tetapi mengganti kode transponder dari jalur penerbangan lain, dan terlihat sebagai penerbangan lain di radar. Pesawat tempur yang berjumlah 3 pesawat pun bisa terlihat hanya jadi 1 titik dengan terbang berdekatan.

Agar lebih jelas bagaimana kalau saya beri screen capture film tersebut? Yuk, mari,.

gambar1. Ini subtitlenya percakapan radio dari pilot pesawat Mirage untuk bersiap-siap menukar tanda radarnya

gambar2. Kalo ini yang ngomong pilot p










Tidak ada komentar:

Posting Komentar